Seperti yang anda ketahui bersama, Tucson Hyundai 2013 terdiri dari 2 jenis yaitu Tucson GLS dan terbaru ada Tucson XG. Tapi saya akan mengurai tentang Tucson GLS dulu ya...
Kenapa Tucson GLS dicari semua kalangan ?
Si Tampan Mencuri Kesempatan

Penampilan yang kini lebih menarik didukung performa yang juga menjanjikan.




Satu hal yang paling menggoda dari Hyundai Tucson GLS terbaru ini adalah banderolnya, Rp 351 juta. Tucson yang ditawarkan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), ATPM Hyundai, mencoba mencuri kesempatan di antara pergumulan SUV (sport utility vehicle) Jepang (Grand Vitara, CR-V, dan X-Trail), serta SUV Amerika, Chevrolet Captiva, yang banderolnya lebih mahal, di atas Rp 379 juta. Mobil yang didatangkan dari Korea Selatan ini memang dikemas dengan tampilan menarik dan kenyamanan yang lebih baik. Selain itu, banderol yang terbilang terjangkau tersebut telah termasuk fitur yang menyamankan perjalanan. Misalnya, pemutar CD, radio, koneksi iPod, MP3, dan USB.





Memang, sejak 2007, HMI mulai menyuguhkan produk dengan kualitas yang lebih tinggi, dengan harga terjangkau, misalnya i10 dan i20. Tucson pun diklaim tak sekadar berpenampilan SUV, tetapi memiliki kepraktisan MPV (multi purposed vehicle). Contohnya, ruang kabin didesain semi-flat, sehingga bisa memuat lebih banyak barang ketimbang pendahulunya.




Membicarakan dimensi, New Tucson memiliki postur tubuh yang terbilang kompak, yakni panjang 4.410 mm, lebar 1.586 mm, dan tinggi 1.655 mm. Bandingkan dengan Honda CR-V yang memiliki panjang 4.518 mm, lebar 1.819 mm, dan tinggi 1.679 mm. Namun, bagasi New Tucson menjadi kegembiraan tersendiri dengan tersedianya ruang 591 liter (CR-V 556 liter).

Selain itu, New Tucson menyuguhkan sumbu roda 2.640 mm, lebih panjang 20 mm dibanding Honda CR-V (2.620 mm). Dengan sumbu roda yang panjang, kenyamanan pengendaraan Tucson berpotensi cukup memuaskan. Hal ini kami buktikan saat mengujinya. New Tucson kini lebih meyakinkan saat melaju di kecepatan tinggi. Ayunan suspensinya halus, serta tak mengkhawatirkan saat harus cepat berpindah lajur.

Keyakinan memacu Tucson diimbangi dengan peranti deselerasinya yang memuaskan. Dan bila jalanan licin karena hujan, keempat rodanya telah dijaga cakram ber-ABS, dibantu vacuum booster tandem 8 inci + 9 inci. Pijakan ke permukaan aspal menggunakan ban 225/60 R17.

Beralih ke interior, pilihan warna lembut membuat SUV ini terkesan lebih santun dan elegan. Selain itu, kesan lega dan resik terlihat di bagian dashboard. Sedangkan tarikan garis dinamis dan lekukan yang cukup unik, hadir pada bingkai kisi penyejuk kabin. Adapun lekukan jok mencoba hadir dengan jahitan yang rumit namun berkelas.

Mendapatkan posisi duduk yang nyaman bukanlah hal yang sulit di depan kemudi Tucson. Ruang kaki disediakan luas dan seluruh posisi pedal tidak terlalu rapat. Desain jok dan sandaran jok yang lebar tak membuat pengendara cepat jenuh.

Posisi pilar A yang melandai, memang sedikit mengganggu pengelihatan pengendara. Namun, berkat kaca samping yang lebar, pengemudi dapat memantau situasi dengan baik. Penempatan tombol kontrol audio dan posisi tuas transmisi terbilang ergonomis. Tucson kini menyuguhkan kontrol audio di lingkar kemudi.

Karakter jantung mekanis Theta II terbilang cocok bagi Anda yang ingin berkendara agresif. Tenaganya terasa spontan. Torsi 196 Nm pun sangat cukup melesatkan bobot sekitar 1.600 kg milik Tucson.


Performa mesin itu didukung transmisi otomatis yang menyenangkan. Bagi yang ingin akselerasinya lebih agresif, transmisi otomatisnya bisa dimainkan dalam enam tingkat percepatan. Tentunya, kombinasi antara tenaga dan torsi bisa lebih mantap didapatkan. Pergerakan kemudi pun tak mengecewakan, sangat pas, baik di kecepatan rendah maupun kala melesat cepat.


Keunggulan
* Tenaga besar
* Kabin yang lega
* Mewah di kelasnya
* Halus seperti sedan

Data & Fakta
Hyundai Tucson GLS
Harga    Rp 299 juta
Mesin    1.998 cc, 4-silinder, DOHC, VVT
Tenaga        166 hp @ 6.200 rpm
Torsi    196 Nm @ 4.600 rpm
Diameter x langkah    86 x 86 mm
Transmisi    Otomatis, 6-speed
Radius putar    5,29 meter
Ban    225/60R17

Hyundai Tucson GLS

Hyundai Tucson GLS

Tucson Hyundai GLS

 
Hyundai © 2022. All Rights Reserved. Powered by Anak Kampung
Top