Sudahkah anda tahu bagaimana merawat mobil putih anda? Berbagai warna mobil sudah banyak beredar di jalanan indonesia, ada yang warna hitam, silver, putih, merah dan lainnya. Tetapi perkembangan terakhir banyak yang menyukai mobil warna putih di garasi rumahnya, terlihat bersih, rapi dan berbagai alsan menarik lainnya.

Merawat Mobil Putih

Para produsen mobilpun, baik yang premium maupun yang entry level cukup gencar menawarkan produknya yang berwarna putih. Bahkan tidak sedikit produsen mobil yang menjadikan warna putih sebagai limited version pada varian tertinggi mereka

Seiring dengan makin banyak mobil berwarna putih maka muncul pula banyak pertanyaan seputar bagaimana agar warna putih mobil kesayangan kita tetap kelihatan putih bersih & bersinar kilap. Maka berikut ini jawaban sederhana yang ingin kami bagi dengan anda terutama pemilik mobil yg berkelir putih.

Pada prinsipnya, CAT warna putih sejogyanya adalah sama dengan cat berwarna lain karena berjenis Polyurethane (PU). Apalagi untuk cat metalik dimana setelah aplikasi based coat akan dilapisi lg dgn clear coat. Yang membedakan cat warna putih dgn warna lain adalah bahan utama dari cat itu sendiri yaitu Pigment atau unsur pewarna.

Jadi hal yang membedakan adalah sifat dari warna putih itu sendiri, dimana apabila ada sesuatu yang menempel atau hinggap di atas bidang yg berwarna putih maka akan mempengaruhi warna putih yg ada pada bidang dasar sehingga membuat bidang tersebut kelihatan kurang enak dipandang atau cenderung seakan-akan jadi kelihatan seperti warna lain

Sedangkan untuk mobil berwarna putih yang paling sering dikeluhkan orang adalah warnanya jadi kelihatan agak kekuning-kuningan, tidak seputih saat masih baru. Hal ini disebabkan karena telah terjadi proses oksidasi di atas lapisan clear coatnya, yg disebabkan oleh : sinar uv, udara, air hujan, embun pagi, air sisa sehabis nyuci mbl, kabut asap, partikel debu yg sdh terkontaminasi dgn asap knalpot dsb-nya. Proses oksidasi ini membentuk suatu lapisan baru diatas permukaan clear coat. Nah lapisan oksidasi inilah yang membuat warna putihnya kehalang kemudian jadi kelihatan agak kekuning-kuningan. Seperti yang saya bilang di atas bahwa cat warna putih juga sama dengan warna lain maka proses oksidasi ini juga terjadi di cat yang berwarna lain. Tapi kalau diwarna lain efeknya seperti kelihatan pudar dan kurang mengkilap.

Hal ini tidak bisa hindari, apalagi bila mobil tersebut kita pakai sebagai kendaraan harian yang melibas jalan yang penuh dengan polusi dan ditambah cuaca yang tidak menentu yang bisa mengakibatkan terjadi proses oksidasi di atas permukaan clear coat.

Jadi yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan perawatan harian yang baik, benar & tepat. Lalukan proses mencuci mobil setiap hari, kecuali kalau mobil hanya diam di garasi alias tidak dipakai jalan. Jangan mencuci mobil dibawah sinar matahari langsung atau pada saat mobil dalam keadaan masih panas.

Gunakan shampo yang berjenis free rinsing dan juga dgn ph-balance karena shampoo yg memiliki 2 sifat ini cukup ampuh untuk mengcounter proses oksidasi yang terjadi dan juga tidak meninggalkan residu apabila kita tidak melakukan pembilasan dengan baik. (shampo mobil yg baik akan kita bahas pada topik yg berbeda. Setelah di cuci keringkan mobil dengan 2 tahapan : angkat partikel air dengan kanebo lalu keringkan partikel air tsb dengan lap / handuk micro fibre.

Karena mengeringkan mobil dengan kanebo sebenarnya masih menyisahkan lapisan air semacan uap air/embun tipis di atas permukaan clear coat. Dimana lapisan uap air/embun yang mengering karena panas atau karena hembusan angin dapat mengakibatkan terjadi kembali proses oksidasi. Hal ini bisa mempercepat si putih jadi agak kekuning-kuningan. Banyak yang bertanya : Kenapa setiap hari di cuci tapi tetap aja cepat kelihatan kuning, mudah-mudahan penjelasan point nomor 4 soal pengelapan bisa menjawab pertanyaan tsb.

Proses waxing bisa anda lakukan untuk membuat si putih tetap berkilau, tapi tidak perlu terlalu sering cukup 2 - 3 bulan sekali asal wax & shampoo yg dipakai berkwalitas baik. Akan lebih baik bila menggunakan wax yang memiliki dual action, cleaner & waxes.

Cleaner untuk mengangkat sisa oksidasi ringan yang tidak hilang dengan proses cuci Waxes untuk melindungi, melapisi lapisan dan membuat lapisan clear coat kelihatan wet look Hindari wax yang memiliki kandungan silicon tinggi, karena sifat silicon yg berminyak akan cepat luntur bila sering dicuci dan bahkan bila kwalitas silikonnya jelek bisa meninggalkan residu. Ini juga bisa membuat warna putih jadi cepat kelihatan kuning.

Dan yang terakhir, jangan lupa untuk melakukan proses perawatan berkala di salon mobil yg professional dijamin si putih akan tetap kelihatan putih, apalagi kalau polesnya di Glint Autopolish, dijamin si putih akan kelihatan lebih putih mengkilap. Merawat mobil putih pada dasarnya sama dengan warna mobil lainnya, tetapi dengan hasil yang lebih baik maka lalukanlah sesuai ulasan di atas. Terimakasih
 
Hyundai © 2022. All Rights Reserved. Powered by Anak Kampung
Top