Cara Memeriksa Mobil Sebelum Dibawa Mudik. Ritual tahunan ini tak boleh terlewatkan, meskipun jauh dan macet pastinya semua orang pasti menikmati setiap perjalannya. Untuk perjalanan jauh harus disiapkan kondisi fisik pengendara dan mobil yang prima. Simak ulasan apa saja yang harus dicek sebelum anda berangkat mudik.
Cara Memeriksa Mobil Sebelum Dibawa Mudik |
Sebelum diajak bertempur mudik, persiapannya harus prima.
Ada komponen-komponen penting yang harus disetel atau diganti. Berikut adalah
komponen mesin yang mesti diperhatikan.
1. Oli. Ibarat darah pada manusia. Kalau kondisinya bagus
dan cocok dengan mesin, hasil pasti menggembirakan. Cara terbaik, ikuti
rekomendasi dari pabrik masing-masing mobil. Bila ingin menggunakan merek lain,
samakan SAE dan API Service-nya. Juga harus diketahui tahun pembuatan mesin dan
jenis.
2. Saringan oli. Walaupun waktu pemakaian belum habis,
sebaiknya diganti saja.
3. Saringan udara. Mau irit dan tenaga perkasa, saringan
udara harus bersih. Caranya, kalau fisiknya masih oke, bisa dibersihkan. Kalau
tidak, harus diganti.
4. Saringan bahan bakar. Untuk mesin bensin yang masih
menggunakan karburator, saringan bensin bisa diganti sendiri. Tetapi untuk
mesin yang sudah menggunakan injeksi, harus ke bengkel atau ditangani montir
yang sudah ahli.
Untuk mesin diesel, saring solarnya sebaiknya diganti kalau
memang sudah dipakai cukup lama.
5. Klep. Sebaiknya disetel. Lebih praktis dibawa ke bengkel.
6. Pengapian. Hanya untuk mesin bensin. Pada mesin lama,
masih bisa diutik sendiri. Pada mesin sekarang, harus menggunakan jasa mekanik
bengkel. Sebaiknya bengkel resmi. Namun bagi mobil yang relatif baru, umur 0-5
tahun masalahnya belum begitu sering.
7. Sistem pendingin. Bukan hanya radiator. Kondisi slang
karet dan klem harus diperiksa, terutama bagi mobil sudah cukup umur. Biasanya
karetnya rengas atau retak.
Kipas radiator harus bekerja dengan baik. Perhatikan arah
putarnya dan kerja kipas untuk mesin yang menggunakan kipas elektrik. Untuk
jenis ini, kipas baru hidup bila mesin panas. Sebaliknya, kalau mesin dingin.
8. Kipas. Untuk mesin yang masih menggunakan kipas mekanis
dan kopling silikon, ketegangan tali kipas harus diperiksa. Begitu juga dengan
kondisi fisik tali kipas. Untuk mengetahui kondisi seluruh sistem pendingin,
perhatikan suhu mesin, terutama saat berada pada kemacetan lalu lintas. Jika
suhu lebih tinggi dari normalnya, bawalah kendaraan Anda ke bengkel yang
dipercaya agar penanganan dapat dilakukan dengan tepat dan cepat.
9. Termostat dan tutup radiator. Komponen sistem pendingin
lain , seperti termostat dan tutup radiator harus pula diperhatikan dengan
cermat. Keduanya bisa menimbulkan masalah kalau kondisinya tidak normal.
Terakhir, tentu saja cairan pendingin. Jangan menggunakan sembarangan air
karena komposisi kimia di setiap daerah berbeda. Sebaiknya gunakan “coolant”
yang memang sudah diracik untuk sistem pendingin mesin.
10. Aki. Sebagai penyimpan energi harus mendapat perhatian
serius. Apalagi untuk mesin-mesin injeksi mutakhir. Aki adalah sumber tenaga
komputer. Untuk aki basah, elektrolit harus cukup dan tidak ada sel yang rusak.
Aki basah, terminal lebih cepat korosif dibandingkan dengan aki kering.
Bersihkan kedua terminal aki agar dapat mengalirkan tenaga listrik secara
maksimal. Terutama untuk menghidupkan mesin (start) atau saat beban listrik
banyak. Misalnya, AC on, penghapus kaca bekerja dan lampu depan hidup
Demikian Tips Cara Memeriksa Mobil Sebelum Dibawa Mudik, semoga bermanfaat dan perjalanan anda selalu menyenangkan.
Untuk pembelian mobil baru hyundai dengan penawaran diskon sangat menarik, silahkan klik disini.