Apakah anda tahu Pengertian Mesin VGT atau VNT atau tipe mesin diesel lainnya? mesin diesel sudah semakin tinggi teknologinya sejak pertama kali diciptakan. Sekarang sudah jamannya menggunakan mesin VGT. Apa itu VGT, berikut coba kamigambarkan untuk anda.

Mesin diesel CRDi VGT Hyundai
Sebelumnya, Anda perlu memahami dasar-dasar pembakaran internal pada sebuah mesin dahulu. Setiap Mesin adalah "Bernapas" ketika hidup. Artinya, Mesin menyedot udara dan bahan bakar untuk dibakar menjadi energi. Udara dan bahan bakar kemudian dimampatkan oleh piston untuk kemudian diubah menjadi Energi Gerak. Setelah itu, limbah pembakaran yang tercipta dikeluarkann melalui knalpot / exhaust manifold. Semua ini biasanya dinamakan dengan empat stroke piston.

Diagram Keja Turbo Sederhana
Turbocharger pada dasarnya adalah sebuah pompa udara. Gas panas yang meninggalkan mesin setelah pembakaran yang diarahkan langsung ke sisi roda turbin dari turbocharger untuk membuatnya berputar. Turbin dihubungkan dengan poros ke roda kompresor. Rotasi dari roda kompresor akan menyedot di udara dan dikompresikan yang untuk selanjutnya dikirim ke Intake Manifold.

Skema VGT di mesin
Perangkat Turbocharger ini ternyata mempunyai Kelemahan yaitu yang namanya Turbo Lag. Turbo Lag adalah jeda sesaat saat mesin berakselerasi dimana terjadi kevakuman di intake manifold ( pada waktu Gas Mendadak ) Mesin sudah membutuhkan udara didalam intake manifold, akan tetapi Turbo belum bekerja ( mengapa belum bekerja ) tentu karena turbo membutuhkan Gas buang dari knalpot untuk memutar turbin yang selanjutanya digunakan untuk memutar kompresor.

Untuk mengurangi Turbo Lag bisa digunakan unit Turbo yang turbinnya kecil, karena kecil maka ketika mesin idle pun sudah menghasilkan boost Turbo, akan tetapi dengan turbo kecil tentunya udara yang dihasilkan juga sedikit, sehingga tenaga yang diperolehpun tidak maksimal.

Dengan Berjalannya waktu dan dengan tehnologi yang semakin maju maka ditemukan lah yang Namanya VGT Variable Geometri Turbo. Pengertian mesin VGT / VNT / VTG / VTA / VGS / VG adalah dalam pengertian mesin yang sama.

Diagram sederhana kerja VGT

Tidak perlu Galau nama nama diatas adalah sama hanya penamaan aja yang berbeda sesuai dengan Pabrik pembuatnya. untuk mudahnya saya menyebut dengan VGT saja.

Variable Geometry Turbo (VGT) adalah turbocharger yang bekerja pada prinsip yang sama seperti pada turbocharger pada umumnya. Dia Ini juga memiliki turbin dan kompresor, yang terhubung ke poros. Perbedaan dengan turbocharger konvensional adalah bahwa turbocharger VGT memiliki adjustable baling-baling adjustable.

Baling-baling adjustable dipasang dengan poros pada bilah pendukung. Pada bagian belakang dari bilah pendukung As yang dapat disesuaikan. bilah pendukung yang adjustable ini dapat dikontrol baik oleh servomotor, atau oleh vakum wastegate atau dikontrol oleh ECU pada mesin ber-ECU.
Sesuai perkembangan maka VGT pun bernama berbeda beda semisal saja

VGT - Variable Geometry Turbocharger (Cummins/Holset),
VNT - Variable Nozzle Turbine (Honeywell/Garrett),
VTG - Variable Turbine Geometry (BorgWarner and ABB),
VG   - Variable Geometry turbocharger (MHI),
VGS - Variable Geometry System turbocharger (IHI),

VTA - Variable Turbine Area (MAN Diesel & Turbo)

Mobil Hyundai Santa Fe bermesin diesel CRDi VGT
Mesin VGT dipakai di mobil Hyundai Santa Fe diesel CRDi dan Mobil Hyundai H1 diesel. Bagaimana kelebihan Mobil hyundai santa fe dan hyundai h-1, Klik Santa Fe atau Hyundai H-1.

Untuk mobil Hyundai yang sangat tangguh dan terkenal dengan mesin dieselnya, pengertian VGT atau Variable Geomtric Turbocharger adalah : Sistem Turbo dengan teknologi grad etertinggi saat ini, yang tidak sekedar meningkatkan POWER tetapi juga mampu eningkatkan TORSI dari putaran rendah sampai tinggi sehingga mencegah 'turbo lag'. Hal ini bisa terjadi karena VGT Hyundai bukanlah turbo konvensional.

VGT diatur secara elektric dan dikontrol oleh sistem manajemen mesin ECM. Enggine Control Modul atau ECM mengambil data dari berbagai sensor yang kemudian secara variable dan kontinu mengatur baling-baling turbin pada "rumah keong" (TURBOCHARGER)". Sehingga tekanan udara pada saluran intake lebih besar dan optimal dalam tiap putaran. Maka dengan teknologi VGT ini akselerasi dapat lebih responsif layaknya mesin diesel. Demikian Pengertian Mesin VGT atau VNT, semoga mobil hyundai mendapatkan perhatian anda.
 
Hyundai © 2022. All Rights Reserved. Powered by Anak Kampung
Top