Banyak diantara kita para driver atau pengendara mobil kurang mengerti bagaimana Cara Mengganti Ban Mobil Hyundai atau mobil sedan maupun jenis merek lainnya untuk pemula terutamanya, padahal hal mengganti ban mobil merupakan teknik dasar yang harus anda ketahui.

Cara Mengganti Ban Mobil Hyundai
Bagaimana jika anda saat bepergian jauh dan mengalami masalah atau gangguan pada ban mobil anda disaat jauh dari bengkel? padahal mengganti ban mobil tidak terlalu sulit jika kita sudah mengetahui dan juga alat tersedia di bagasi mobil anda. Maka tidak salah jika anda mencari penjelasan bagaimana cara mengganti ban mobil Hyundai ataupun jenis mobil lainnya misalnya sedan atapun suv anda. Berikut Tips Cara Mengganti Ban Mobil Bocor Maupun Pecah untuk anda:


Persiapan Keamanan Mobil

 ◾Parkirlah di segi jalan atau mencari tempat yang rata serta agak luas. Hal semacam ini utama lantaran bakal benar-benar beresiko bila kita ganti ban di jalanan yang cukup ramai.

◾Yakinkan mobil tak bergerak. Bila mobil memakai transmisi manual letakkan transmisi pada gigi 1 atau R (reverse) serta tariklah rem tangan. Bila mobil anda bertransmisi automatis letakkan pada posisi P (Parking).

◾Bila mobil ada pada tanjakan, letakkan ganjal pada ban mobil dengan benda keras seperti batu atau kayu.

◾Nyalakan lampur hazard serta letakkan segitiga pengaman sebagian mtr. di belakang mobil.

◾Bila di mobil ada buku manual, bacalah buku itu dulu, lantaran banyak info utama yang bakal benar-benar menolong anda.

  

Menyiapkan Perlengkapan cara mengganti ban mobil

Tersebut sebagian perlengkapan yang telah umum ada di mobil. Alat-alat ini adalah perlengkapan standard yang semestinya kita punyai. Letakkan alat-alat ini di dekat tempat bekerja kelak supaya gampang dijangkau.


Ban Cadangan

 Baiknya pakai ban cadangan bawaan mobil itu sendiri.

Kunci Roda

 Bisa dipakai juga kunci lain sepanjang ukurannya sama juga dengan baut roda mobil.

Dongkrak Mobil

 Dongkrak portable yang umum ada pada mobil benar-benar pas untuk dipakai pada waktu darurat seperti ini.

  

Pelaksanaan Cara mengganti Ban Mobil

◾Buka penutup roda. Bila sedikit susah cungkil penutup dengan memakai obeng.

◾Kendorkan baut-batu roda memakai kunci roda dengan memutar berlawanan arah jarum jam. Kendorkan dengan cara pola ber X (silang), jika ada 4 buah baut, kendorkan baut atas, lalu bawah, kiri serta kanan. Baut cukup dikendorkan, jangan sempat lepas dahulu.

◾Gunakan dongrak mobil pada posisi yang disarankan oleh buku manual. Bila anda tak mempunyai buku manual, carilah suatu Cekungan (atau benjolan) kecil atau sejenis sinyal dibagian bawah mobil. Cekungan (atau benjolan) ini biasanya ada sedikit di belakang roda depan serta di depan roda belakang. Cekungan (atau benjolan) ini biasanya sudah dipunyai oleh mobil-mobil waktu ini.

◾Yakinkan dongkrak pada posisi tegak lurus dengan tanah, lalu naikkan dongkrak sampai roda terangkat serta gampang dilepaskan nanti. Bila waktu menambah dongkrak posisinya tampak tak stabil, turunkan dahulu serta perbaiki persoalannya.

◾Saat ini bebaskan seluruhnya baut roda serta kumpulkan baut pada satu tempat.

◾Tariklah ban keluar perlahan-lahan dari dudukannya serta tempatkan pada posisi tidur. Bila ban mobil jadi terlampau berat coba mencari pertolongan.

◾Letakkan ban cadangan pada posisinya serta doronglah masuk sembari menggoyangnya perlahan-lahan. Yakinkan posisinya telah cocok serta pas waktu anda memasukkannya.

◾Gunakan kembali baut, putarlah searah jarum jam dengan jari tangan sampai jadi telah mentok. Baut janganlah dikencangkan dahulu, lantaran bila anda mengerjakannya, ban bakal turut berputar.

◾Turunkan dongkrak sampai roda seutuhnya menyentuh tanah.

◾Kencangkan seluruhnya baut dengan pola bersilang. Putarlah searah jarum jam dengan kunci roda. Yakinkan baut sudah kencang dengan meletakkan kunci roda dengan cara horisontal serta cobalah pijaklah batang kunci roda dengan kaki.

◾Sesudah usai, letakkan ban yang bocor atau kempes ditempat ban cadangan dan taruh kembali seluruhnya perlengkapan ditempat awal mulanya. Saat ini anda siap untuk meneruskan perjalanan.



 Demikian tips menarik bagaimana cara mengganti ban mobil anda bagi atau untuk pemula dengan sendirian. Sebagai info tambahan, alangkah lebih baik anda menyimpan nomor darurat bengkel mobil anda di kontak handphone anda untuk persiapan jika sewaktu-waktu anda butuhkan. Semoga bisa berguna untuk Pembaca semua.
 
Hyundai © 2022. All Rights Reserved. Powered by Anak Kampung
Top