Pengetahuan dasar bagi anda terutama wanita yang mempunyai kendaraan pribadi yang sering anda gunakan untuk bepergian, salah satunya adalah tentang Tips Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri Dengan Benar untuk Wanita. Karena disaat tertentu anda harus bias menyelesaikan masalah anda tanpa perlu bantuan orang lain. Maka tidak salah jika anda membekali ilmu menganti ban mobil anda dengan sendiri.
 
Tips Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri Dengan Benar untuk Wanita
Yang pertama kali dilakukan adalah memastikan mobil sudah diparkir di posisi yang aman untuk anda melakukan penggantian ban. Selain tidak terlalu dekat dengan jalanan, pastikan pula tempat anda berhenti memiliki dasar yang kuat untuk meletakkan dongkrak. Selanjutnya, jangan lupa untuk melakukan beberapa hal terkait keamanan. Seperti memasang rem tangan (rem parkir), atau memposisikan transmisi di titik P untuk mobil matic. Selanjutnya, jangan lupa meletakkan segitiga pengaman di belakang mobil serta menyalakan lampu hazard jika anda berada di tepi jalan raya.

Setelah itu, mulailah menyiapkan peralatan atau perlengkapan untuk mengganti ban mobil. Siapkan kunci roda, dongkrak dan juga ban serep atau ban cadangan. Letakkan barang-barang ini di tempat yang aman dan dapat mudah dijangkau. Untuk ban cadangan, letakkan di bawah mobil di dekat ban yang akan diganti. Penting, jangan meletakkan ban dalam posisi berdiri.

Selanjutnya, mulai kendorkan baut atau mur roda yang akan diganti. Ingat, anda hanya mengendorkan saja dan jangan sampai melepas baut dari tempatnya. Untuk menegendorkan, putar baut dengan arah berlawanan dari arah jarum jam. Lakukan terhadap baut secara bersilangan.

Jika semua baut roda yang akan diganti sudah dikendorkan, maka mulailah mendongkrak mobil anda. Hati-hati dalam meletakkan titik dongkrak agar tidak merusak body mobi, atau bergeser saat sedang mengangkat mobil. Pastikan dongkrak berdiri di media yang kuat, seperti aspal atau tanah keras. Jika ragu, anda dapat menambahkan papan atau balok kayu yang kuat sebagai alas.

Setelah ban terangkat dari tanah, segera lepas semua baut yang tadi sudah dikendorkan. Simpan baut di tempat yang aman dan jangan sampai menggelinding, apalagi sampai hilang. Kemudian lepas ban mobil dari tempatnya, dan langsung letakkan di posisi yang aman. Biasanya, letakkan di bagian bawah mobil agar tidak menghalangi jalan. Sekali lagi, letakkan dalam posisi tidur dan jangan berdiri.
Kemudian, ambil ban cadangan yang sudah disiapkan dan pasang ban serta pasang pula baut atau mur roda mobil anda. Kencangkan dengan dengan cara memutar sekarah putaran arah jarum jam, namun jangan terlalu kencang. Pastikan saja roda mobil sudah tidak goyang / koplak lagi ada bagian bautnya. Setelah itu, turunkan dongkrak hingga terlepas dan ban menyentuh tanah dengan sempurna. Barulah kencangkan baut roda hingga benar-benar kencang. Jika kunci roda anda memiliki ukuran kekencangan, buat supaya baut roda berada di tingkat antara 10 hingga 12 kg. Jika terlalu kencang, khawatir baut roda bisa patah. Namun jika kurang kenhttp://www.mobilhyundaiindonesia.com/cang, berbahaya karena ban bisa saja terlepas saat mobil tengah melaju.

Terakhir, bereskan semua perlengkapan dan letakkan kembali pada tempatnya. Setelah mobil dapat berjalan, jangan lupa untuk segera memperbaiki ban yang tadi bocor di tukang tambal ban. Jadi apabila anda terkena masalah lagi seperti ban bocor, anda sudah mempunyai ban serep yang kondisiya baik.
 
Hyundai © 2022. All Rights Reserved. Powered by Anak Kampung
Top