Anda mau punya mobil sport teknologi baru? Simak berikut ini. Mobil Hyundai Internasional sedang mempersiapkan mobil dengan tenaga tidak kurang dari 300 hp. Apalagi, posisi mesinnya ada di tengah, alias mid-engine. Hyundai belum mengumumkan apa-apa soal mobil ini, tapi di Busan Auto Show yang berlangsung awal tahun 2016 lalu, pabrikan Korea ini memajang sebuah mobil konsep bertajuk Hyundai RM16.



Saat itu RM 16 tidak terlalu dianggap serius. Namun setelah beredar foto prototype yang sedang diuji di Nurburgring, dengan bentuk yang sama persis seperti RM16, akhirnya semua menjadi jelas: Hyundai tidak main-main dalam merambah ranah mobil sport.

 
Mobil sport hyundai RM16

Lupakan Veloster dengan bentuknya yang unik. RM16 diperkirakan akan menjadi mobil ‘serius’ yang akan masuk ke jajaran mobil langka nan eksotis seperti Renault 5 Turbo, Renault Clio V6 Turbo, dan lainnya. Sebagai mobil performa, diperkirakan RM16, atau apapun namanya nanti, akan memiliki handling yang sangat mumpuni, meski keperaktisan sebuah hatchback akan dihilangkan.



Pada mobil konsep RM16, Hyundai tidak menyebutkan konfigurasi mesinnya, namun dikatakan bahwa sistem turbocharger konvensional akan digantikan dengan kompresor bertenaga listrik, seperti yang bisa Anda temukan pada Bugatti Chiron. Selain itu, dengan mesin yang didudukan di tengah, distribusi bobotnya bisa mencapai 43/57, dimana angka optimal distribusi bobot sebuah kendaraan adalah 50/50.



Dari sisi desain, terlihat bagian belakang mobil yang tebal untuk menampung mesin dan peranti penggerak lainnya. Air intake yang ebrada di hadapan fender belakang memastikan bahwa ini mobil bermesin tengah. Kehadiran air intake dan bumper belakang dengan saluran udara yang tegas membuat buritan RM16 terlihat agresif.



Sementara itu , di bagian depan tersemat lampu dengan desain khas sebuah Hyundai. Lekukan kap mesin akan mengantarkan bayangan sebuah Hyundai Veloster, namun fender lebar dengan lekukan aerodinamika di pintu, menegaskan bahwa ini lebih dari sekedar sebuah Veloster.



Saat ini, Hyundai memang sedang getol mengembangkan mobil berperforma dibawah merek Hyundai N. Melalui merek ini, pabrikan mobil terbesar Korea Selatan tersebut mencoba membuktikan kemampuan engineering mereka. Kami yakin, RM16 nantinya juga akan berlabel N, dan kami juga yakin, dengan melihat prestasi mereka di bidang motorsport, terutama rally, RM16 bukanlah pepesan kosong.

sumber referensi : www.oto.com/hyundai
 
Hyundai © 2022. All Rights Reserved. Powered by Anak Kampung
Top