Tips Merawat AC (Air Condition) Mobil Agar Tetap Awet. Siapa yang tidak menginginkan kenyamaan saat berkendara, apalagi dengan kondisi jalan yang macet setiap hari. Dimusim panas saat ini, jika mobil tanpa AC (pendingin ruangan) sangat panas. Berkendaraan mobil akan terasa nyaman tentunya, jika penyejuk udara (AC) bekerja baik dimobil Anda. Ini sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar seperti Jakarta kalau AC ngadat atau tak dingin, keadaan pun jadi serba salah kaca jendela kalau dibuka, masalah keamanan, debu dan asap kendaraan akan masuk, serta polusi akan membahayakan paru-paru Anda, namun sebaliknya jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap.

Tips Merawat AC (Air Condition) Mobil Agar Tetap Awet

Pada umumnya gangguan pada AC biasanya lantaran kurang perawatan dari sang pemilik. Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:
Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.
Pehatikan karpet 2 lembar yang didepan dan jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Karena akan tersedot kedalam evaporator (pelembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan penapasan kita, dapat menimbulkan bau yg kurang enak bila pertama kali AC dihidupkan.
Perisalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah hidup bila Ac dihidupkan. Jika tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor cepat rusak atau selang high press bisa meledak.
Disarankan untuk memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi. Karena suhu dalam ruangan panas ditambah dengan suhu luar ruangannya.
Bagi perokok, Jangan pernah merokok di dalam mobil yang sedang menyalahkan AC. Karena asapnya bisa mengotori Evaporator dan nikotinnya akan yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.
Lakukan perawatan rutin AC ini, disarankan lakukan setahun sekali. Kemudian yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin bisa memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar dan dapat menyejukkan badan kita.
Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan susah dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok ke grill sebab sering terjadi patah. (karena sebagian Grill susah dapat dibeli dipasaran). Disarankan juga jangan memakai banyak pengharum dengan wangi yang berbeda. Akan membuat aroma yang tidak sedap.
Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.
Sebelum menghidupkan AC, nyalahkan mesin dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila mau matikan mesin.
Saran diatas untuk mencegah terjadinya kerusakan. Namun kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin, AC mati disarankan lebih baik segera ke bengkel specialist ac mobil, agar tidak terlanjur rusak yang mengakibatkan biaya tinggi.

Demikian  Tips Merawat AC (Air Condition) Mobil Agar Tetap Awet, semoga bermanfaat...
Jika ingin tau tips lainnya maupun  sedang mencari kendaraan baru khususnya Hyundai, silahkan klik di sini.
 
Hyundai © 2022. All Rights Reserved. Powered by Anak Kampung
Top