Tips Merawat Mobil Setelah Terendam Banjir. Bagi yang tinggal di daerah yang sering terkena banjir pasti merasa kuatir jika musim hujan sudah tiba. Berikut Tips dari Mobil Hyundai Indonesia. Banjir merupakan salah satu momok yang menakutkan.

 
Tips Merawat Mobil Setelah Terendam Banjir

1. Memutus sumber listrik
Untuk mencegah korsleting, segera lepaskan kabel aki di terminal plus. Hal ini perlu dilakukan karena meskipun mesin dalam keadaan mati, masih ada aliran listrik tersisa yang ditujukan untuk perangkat elektronik yang disematkan di dalam mobil.

2. Tidak menyalakan mesin
Saat keadaan memungkinkan untuk memindahkan mobil, jangan hidupkan mesin. Jika Anda sekadar ingin memindahkan mobil untuk dibersihkan, lakukan dengan cara mendorong, atau gunakan jasa derek mobil. Selain bisa menyebabkan terjadinya arus pendek, sisa air juga berpotensi masuk ke ruang bakar melalui saluran isap. Keadaan ini bisa membuat mesin mobil Anda jebol.

3. Melakukan pengeringan
Sebelum melakukan pengeringan, pastikan semua kabel di sistem kelistrikan tidak terpasang. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan kompresor atau pengering rambut. Bagian-bagian yang prioritas untuk dibersihkan adalah busi, saluran angin, saringan angin, karburator, coil, delco, alternator, dinamo starter, V-belt, dan rangaian kabel.

4. Mengganti oli
Kuras oli mesin. Untuk memastikan mesin sudah bersih dari oli yang tercampur air, semprot dengan menggunakan kompresor atau pompa angin. Setelah itu, baru masukkan oli yang biasa Anda gunakan.

5. Menguras tangki bahan bakar
Bahan bakar yang tercampur oli bisa merusak komponen mesin dan menyebabkan mobil mogok. Karena itu, menguras tangki merupakan salah satu langkah yang wajib dilakukan setelah mobil Anda terendam banjir. Caranya bisa menggunakan selang kecil, lalu hisap menggunakan mulut, persis seperti cara yang umum digunakan saat menguras akuarium.

6. Mengeringkan panel dan lampu
Buka semua pintu mobil, keluarkan karpet dan sarung jok kemudian cuci dan jemur. Setelah itu, keringkan bagian interior menggunakan vacuum cleaner. Jangan lupa untuk memeriksa lampu karena arus listriknya rentatn terhadap korsleting.

7. Memeriksa alat pengereman
Biasanya, kanvas rem akan mengeras setelah terendam banjir. GUnakan ampelas halus untuk membersihkan. Jika tidak memungkinkan, sebaiknya ganti dengan canvas rem baru. Periksa juga alat pengereman lain seperti piston kaliper dan karet tromol.

8. Membawa mobil ke bengkel
Jangan cepat puas dengan hasil penanganan mobil yang Anda lakukan. Bawa mobil ke bengkel untuk memastikan semua sistemnya berjalan baik. Salah satu alasan pentingnya membawa ke bengkel adalah memeriksa apakah Electronic Control Unit (ECU) dan Injector berfungsi normal.

Demikian Tips Merawat Mobil Setelah Terendam Banjir semoga bermanfaat bagi pembaca.

Jika ingin info kendaraan baru Hyundai, silahkan klik di sini.
 
Hyundai © 2022. All Rights Reserved. Powered by Anak Kampung
Top